Tutorial Minescape Mengenal Expresi Total Roof dan Total Floor






MineTutor - Assalamualaikum w.w. Bagaimana kabar sobat minetutor sekalian. Zaman berubah, masa berganti dan waktu berlalu dan seiring waktu kayaknya aktivitas blogging saya semakin macet,he2...dak tau juga apa malas atau karena lagi dak ingin, hmn.kayaknya beda tipis tuh,he2. 
Buat sobat minetutor yang coment atau emailnya dak dibales saya minta maaf ya, disamping jaringan yang on / off jarak yang ditempuh untuk mendapatkan sinyal juga lumayan,he2..ah, alasan aja lu bray. Baiklah sobat semua mengawali bulan mei dengan penuh semangat, saya akan coba share pengetahuan tentang minescape yang tidak seberapa ini,he2…Belum master aja sudah gaya, ampuuun.

Mengenal Expresi Total Roof dan Total Floor.

kontur struktur total floor
kontur struktur total floor
Pada posting saya yang terdahulu tentang tutorial minescape kita sudah belajar macam macam tuh, ada yang buat section, membuat section 3D, ada lagi membuat kontur topo, dan lain lain. Ternyata sudah banyak juga ya yang masuk di minetutor.
Sekarang kita akan coba belajar sedikit tentang expresi total roof dan total floor. Bagi yang sudah tahu dan sudah paham ini sekadar refreshing, bagi yang belum tahu mari kita cari tahu beramai ramai, emangnya pawai atau kondangan,he2…

Spesifikasi / Bentuk Expresi

TOTALROOF(<interval>[,<x>,<y,>,<lower limit>]) . Contoh penulisan Expresi : Totalroof(‘A’)  maksudnya adalah akan menentukan roof  dari seam A berikut dengan split nya. Expresi ini dapat digunakan untuk membuat suatu surface untuk total roof seam tertentu atau untuk mengenerate kontur structur total roof suatu seam.
TOTALFLOOR(<interval>[,<x>,<y,>,<lower limit>]) . Contoh penulisan Expresi : Totalfloor(‘A’)  maksudnya adalah akan menentukan total floor  dari seam A berikut dengan split nya. Expresi ini dapat digunakan untuk membuat suatu surface untuk total floor seam tertentu atau untuk mengenerate kontur structur total floor suatu seam.

Aplikasi Dari Expresi Total Roof atau Total Floor.

Dalam membuat sequend tambang apakah monthly , quarter ataupun tahunan kita membutuhkan data pendukung diantaranya data topo dan kontur struktur batubara. Kontur batubara terkadang disuatu area terdapat split atau percabangan. Ketika ingin dimunculkan kontur struktur batubaranya akan membingungkan seam mana yang akan digunakan. Nah, dengan mengenerate kontur total roof atau total floor kita tinggal menggunakan kontur total roof untuk expose atau total floor untuk sampai ke getting. Kira kira paham ya,he2…saya aja bingung ngomong apaan sih.

membuat kontur struktur total floor
membuat kontur struktur total floor
Yang kedua ketika menghitung coal expose. Kita akan mengunakan surface roof dan surface floor sebagai data top dan bottom dalam perhitungan. Nah jika di area tersebut terdapat split, akan membingungkan surface mana yang akan jadi bottomnya atau nilai batubaranya tidak muncul atau kecil (pernah mengalami ni ye). Total roof dan total floor bisa kita gunakan disaat seperti ini, jadi nilai datanya lebih afdol begitu,he2….

Oke sobat sekalian kira kira begitulan sekilas tentang Expresi Total Roof dan Total Floor yang saya ketahui, dibawah ini saya sertakan video contoh penggunaanya. Silahkan disimak dan dipraktekkan untuk mengetahui efeknya, rasakan sensasinya,he2…Demikian posting kali ini , semoga bermanfaat.


Share this article :

1 comment:

  1. blok yang sangat inovatif mas,
    perkenalkan saya gandi. ingin menanyakan tentang blokmodel dengan menggunakan minescape mas. Bila mas tidak sibuk bisakah kita berkomunikasi via email untuk pembicaraan lebih lanjut ??
    alamat email saya sugandi.nainggolan@gmail.com

    thx mas, semoga sukses

    ReplyDelete

 
Copyright © 2011. MineTutor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger