Membuat Cross Section dengan Minescape






Asalamualaikum w.w.
Bagaimana kabarnya sahabat MineTutor, setelah libur lebaran sudah kembali ke aktifitas rutin, yang penting jaga kesehatan lah ya,he2...

Pada update post kali ini, kembali minetutor menyajikan tutorial, yup itu dia "membuat cross section/ penampang melintang".  Saya yakin udah pada sering dengar istilah section, namun bagaimana membuatnya, ini yang akan kita coba uraikan.



Cross section biasa digunakan untuk melihat kenampakan subsurface dalam hal ini perlapisan batubara, sebarannya, kemenerusan, penebalan ataupun penipisan, adanya split/percabangan, fault/ patahan yang secara visual dapat kita ketahui dengan cross section. Disamping itu untuk proses reconsiliasi/ comperasi aktual mining progres dengan plan yang dibuat, semuanya dapat dilihat dari section, apakah masih dalam limit plan atau sudah ada yang over cut/kelebihan potong. Nah sekarang tinggal kebutuhanya untuk apa, sang engineer lah yang akan memodifikasinya,he2...kayaknya sih begitu, pada setuju kan ya..?
Untuk geologist biasanya juga digunakan untuk pengecekan model, pemeriksaan terhadap anomali, korelasi antar lubang bor dll.


Sebelum memulainya persiapan yang kita perlukan antara lain :
- Model batubara / schema sudah ada/ sudah dibuat. (minta ke geologist nya ya bro)
- Surface / Triangel topo sudah dicreate, jika belum lihat lagi post sebelumnya membuat surface topo
- Jika mau tambahkan design, buat juga surface/triagle untuk pit nya.
OK, persiapan rasanya sudah cukup, tinggal action. Silakan disimak aja videonya.


Selamat mencoba & semoga bermanfaat..
note : adf.ly nya di skip aja untuk view video.wokee.

Share this article :

3 comments:

  1. wokee, langsung di trial...terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Saya memiliki masalah saat akan memodelkan 1 seam yang terdiri dari 4 split sedangkan minescape hanya bisa memproses 1 seam dengan 2 split.
    Mohon pencerahannya bagaimana cara mengatur scema-nya agar minescape memodelkan 4 split tersebut.
    mohon di email ke : ucari23@yahoo.com


    Terima Kasih

    ReplyDelete

 
Copyright © 2011. MineTutor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger