Membuat section 3D








Assalamualaikum w.w, apa kabar sahabat minetutor.? Lumayan lama minetutor belum update posting, sekitar 2 mingguan kali ya,he2.  Berhubung  kesibukan pribadi dan baru baru ini admin sedikit mengalami musibah, jadi web minetutor sedikit terabaikan, waduh malah curhat ya, harap maklum, he2..


Okedeh, kali ini kita akan coba menyambung tutorial terdahulu. Kita akan coba membuat section/ penampang namun dapat dilihat secara 3 dimensi (x,y,z) yup, kita akan coba membuat section 3D. Sebenarnya ini hanya sedikit modifikasi dari pembuatan section, hanya saja lebih mata friendly dan kalau untuk profile/view kelihatan lebih mudah dimengerti/dijelaskan kepada orang awam.

Untuk dapat membuat section 3D kita menggunakan modul stratmodel, jadi kita akan berpindah dari opencut modul ke stratmodel karena toolsnya tersedia disana. Adapun persiapan yang kita perlukan antara lain  :

-  Topo  dan  dibuat triangle/surface nya. Ini yang akan menjadi kenampakan atasnya.
-  Limit area yang akan kita buatkan section 3D. Limit ini nantinya akan kita pick sebagai  boundary section dan  di create sebagai line/garis yang  tertutup dimana titik terakhir bertemu lagi dengan titik awal  jadi linenya bukan polygon.

Tahap selanjutnya kita langsung ke TKP, silakan disimak videonya brur, dan langsung dicoba. Orang bijak bilang “ Saya dengar saya lupa, saya lihat saya ingat, saya lakukan saya mengerti”, praktekan maka kita akan mengerti.
 

 
       Wokeeeh, demikian dulu sahabat minetutor, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment