Tutorial Minescape Membuat Block Strip

MineTutor - Assalamualaikum w.w. Seperti biasa dan yang lumrah dilakukan diawal perjumpaan bertanya kabar berita dan kesehatan satu sama lain. Semoga sobat sekalian dalam kondisi normal untuk melakukan aktivitas. Belakangan ini kondisi fisik saya kurang bersahabat mulai dari menu makan yang samar samar dak jelas dan sekarang ketularan flu dan batuk sehingga PA dan UA menurun,he2...ga ada hubungannya. Tidak terasa semakin lama kegiatan blog saya semakin jarang, bingung juga, rencananya ada tapi aktualisasinya ogah ogahan mirip kontraktor disuruh loading lumpur, ngelesnya panjang dan lebar,he2....sepenggalan kisah yang ga penting dan ga perlu dibahas.



Membuat Block Strip

Baiklah sahabat sekalian, kita nyemplung ke judul utama dari cerita ini yaitu membuat block strip/ batter block.  Kalau dilihat secara graphic block strip merupakan kotak kotak dengan ukuran tertentu yang berada didalam boundary pit. Ada juga yang menyebut kota kotak tersebut dengan pit sel (tulisannya benar kagak ya? ). Ukuran kotak atau block strip bervariasi sesuai kebutuhan dan tujuan, semakin kecil block strip/ pitsel akan memberikan informasi yang semakin spesifik baik nantinya hitungan volume overburden dan tonase batubara maupun nilai quality dari batubara didalam block strip tersebut.
Beberapa kegunaan block strip  di antaranya :
tutorial minescape membuat block strip
form generate strip
  • Block strip ini bisa dugunakan untuk membuat resgraphic untuk menentukan nilai striping ratio per block ataupun nilai komulatifnya. Dari penentuan nilai striping ratio ini nantinya kita dapat menentukan pit limit dengan syarat batas nilai striping ratio.
  • Pembuatan Forecast batubara. Dari block strip kita dapat buatkan sebuah database untuk nilai quality dari suatu block penambangan. Dengan koordinasi yang baik antara pengawas tambang dan CPP maka nilai quaility batubara yang ditambang setiap shift dapat dicontrol dengan database forecast quality dengan acuan area kerjanya adalah block strip.
  • Panduan untuk operational penambangan.  Terkadang untuk pemenuhan target produksi dimana terjadi anomali dari sequend penambangan, informasi nilai striping ratio dari masing masing block strip akan memberikan opportunity mencari block penambangan dengan nilai SR yang kecil untuk mengejar target produksi.
  • Dan lain lain.
Pada tahap awal ini saya akan coba share cara membuat block stripnya terlebih dahulu, beberapa persiapan sebelum memulainya antara lain :
tutorial minescape merger block strip
form merger block strip
  • Program minescapenya tentunya sudah terinstal, bagi yang belum silahkan di instalKita perlu boundary pit limit sebagai acuan/ constrain untuk block stripnya karena kita bukan membuat resgraphic untuk penentuan pit limit. (mudah mudahan next time).
  • Konsentrasi dan fokus ,he2...gaya lu ndro.
Oke sobat sekailian, tahap persiapan sudah komplit kayak bumbu nasi goreng, sekarang tinggal mencobanya. Dibawah ini saya sertakan link untuk melihat video tutorial membuat block strip yang saya upload ke youtube, silahkan di simak dengan suka hati step by stepnya. Ada video tutorial minescape lainnya juga yang pernah saya upload sebelumnya untuk melengkapi referensi minescape sobat semua : membuat kontur topo, membuat surface topo, setup topo model, expresi total roof dan total floor dan yang lainnya.
Demikian posting kali ini sobat sekalian, semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba.
Bumi antar ghatas sutsa bavanias.



Comments

  1. assalamualaikum kak,angakatan tahun berapa ya kak?? dan sekarang bekerja dimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel menarik, sangat lengkap, terima kasih telah berbagi ilmu menarik tentang minescape.. hidup tambang, jaya tambang

      Delete
  2. waslm, angkatan 2003, kerja di pkn.

    ReplyDelete
  3. bang kalo tutor tentang mine sequence bisa lah di posting?
    yg lebih rinci dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  4. untuk batter dan solid dari batubara tegak mak mano???

    ReplyDelete
  5. Barangkali masih ada yg mencari berbagai macam software tambang terupdate..
    1. Surpac 6.5
    2. Minescape 5.7
    3. Minex 6.2
    4. MapInfo 12
    5. Surfer

    lengkp dengan video tutorial,,minat call aja

    HP:085381366665

    ReplyDelete

Post a Comment