Cara Plotting Design Tambang atau Monthly Plan Dengan Minescape





Keterangan Singkat tentang Plotting

Assalamualaikum w.w. Bagaimana kabar sahabat semua, semoga dalam keadaan fit dan sehat istilah di planner mechanic RFU (ready for use) he2, kayak fleet unit saja ya. Karena kita orang tambang, mengunakan kata kata berkaitan dengan keseharian kita boleh dunk,he2…

Baiklah, di hari yang cerah dan mulai sedikit berawan ini kita akan lanjutkan atau sekadar refresh skill software minescape kita karena software ini merupakan senjata bagi orang tambang untuk mengexploitasi SDA khususnya batubara. Oke, pada posting kali ini minetutor akan bahas tentang bagaimana cara plotting hasil design tambang atau monthly plan menggunakan minescape.

Sebenarnya ini tidak terbatas pada plotting untuk design tambang saja, dapat juga digunakan untuk plotting yang lain misalnya cross section 2D atau 3D seperti pada posting terdahulu, plotting batterblock resgraphic, iso quality, stratcolumn borehole dan lain lain sesuai keperluan. Pada posting ini kita akan coba hanya plotting design tambang, untuk yang  lainnya mungkin menyusul atau bisa teman teman coba/latihan sendiri.
Karena kita akan mencoba plotting design tambang maka perlu kita persiapkan terlebih dahulu :
  • Design Tambang. Ini harus sudah ada jika tidak apa yang mau kita plotting.
  • Topo / kontur.  Untuk sebuah monthly plan tambang topo sangat penting disamping menunjukan elevasi, kita dapat secara umum menentukan / menunjukan suatu lokasi  atau area tertentu misalnya ketika koordinasi dengan orang produksi yang meminta penjelasan tentang rencana tambang, atau survey mengkonfirmasi diging limit atau crest toe. Jadi topo harus ada.
  • Aksesories / legenda : frame, grid, section jika ingin di tampilkan, perhitungan reserve Ob dan coal serta Stiping Ration, Coal quality jika ingin diperlengkap lagi dan lain lain yang dirasa perlu.
Sekarang kita sudah siap, tinggal action untuk plotting. Sepertinya susah ya, padahal sebenarnya gampang dan tidak pake lama,he2…Cuma ketelitian memang harus ada pada saat kita plotting jika tidak ingin bolak balik untuk plotting. Oke, silahkan disaksikan video plotting design tambang yang telah kami siapkan pada link di bawah  ini.

Demikian cara plotting versi minetutor, selamat mencoba dan semoga bermafaat.



Comments

  1. Keren gan artikelnya..! Nice sharing. Thanks :)

    ReplyDelete
  2. ms bro klo yg belajar dari dasar ada ga ya!!!!!!!!!!!!!!!! makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat nya per kejadian/keperluan mas bro, yang sederhana2 gitu.. memang tidak berurut jadinya,he2...terima kasih telah berkunjung.

      Delete
  3. mas mau tanya,bagaimana cara buat sequence dan peta monthly dan weekly pd minescape? makasihh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membuat sequence mengacu kepada kapasitas alat dan rencana expose dan getting batubara (di luar air, pompa dll). Data yg diperlukan topo situasi (update), kontur struktur batubara. tinggal digambar sequencenya mau turun ke elevasi berapa, mau ofset berapa, dll. untuk petanya tinggal layer masing2 kebutuhan di peta (topo, sequence, basegrid, aliran air dll) di panggil dan diplot seperti tutorial diatas. petanya dapat dlm format hpgl, emf dll.
      mudah mudahan cukup menjawab yg ditanyakan.

      Delete

Post a Comment