Tutorial Minescape Membuat Solid

MineTutor - Assalamualaikum w.w. bagaimana kabar sobat sekalian ? semoga dalam kondisi yang baik untuk melakukan aktifitas. Ditempat saya bekerja di daerah tarakan seputaran curah dan waktu hujan sedang dalam frekuensi yang menanjak, dengan kondisi ini biasanya body kita relatif rentan kena demam, personal story nih,he2...Belakangan memang saya kayaknya kecapean, dak tau juga perasaan aja atau halusinasi,he2..



Membuat Solid.

Kembali kejudul cerita kita tentang membuat solid. Sebenarnya saya sudah menyiapkan video tutorialnya 3 minggu yang lalu, hanya saja belum sempat saya publikasikan, terkait cerita diatas soal dak enak body,he2..alibi doank itu. Membuat solid merupakan kelanjutan atau step yang dilakukan setelah membuat batter block atau yang sering juga kita sebut block strip. Jadi posting kali ini merupakan kelanjutan cerita dari posting saya yang terbaru tentang membuat block strip.
Menurut saya ada beberapa reason tentang solid diantaranya :
  • Merupakan bentuk 3 dimensi dari batter block/block strip dengan parameter slope yang bisa kita tentukan sendiri, batter block sudutnya otomatis 90 derajat.
  • Penentuan volume OB dan tonase batubara per block lebih baik dibandingkan dengan batter block karena kita dapat memasukan parameter slope yang disesuaikan dengan kondisi lapngan (geotech) sementara slope untuk batter block adalah 90 derajat (dinding bench tegak lurus)
  • Perhitungan/pembuatan resgraphic (block SR) lebih baik karena blocknya diperhitungkan dengan kondisi slope yang mendekati/perkiraan aktual.
 
Hal yang penting saat merunning solid  :
tutorial minescape membuat solid
pit projection rule form
  • Pit projection rule : aturan yang akan kita berlakukan ketika merunning solid, yang kita perlukan adalah pada label operation dan surface. Operation menentukan posisi star proyeksi solid sedangkan surface adalah surface yang dijadikan acuan lebih lengkapnya sobat bisa lihat di helpnya (contoh video)
  • Bench definition : penentuan project berdasarkan tinggi bench yang direncanakan.


 
 
Baik, saya rasa cukup untuk cerita singkatnya tentang membuat solid , seperti biasanya sebagai pelengkap cerita ini saya sertakan video contoh pembuatan solid yang saya lakukan sebagai bahan/ referensi buat kawan kawan sekalian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 lihat video tutorial membuat solid




Comments

Post a Comment