Membuat Kontur Iso Quality Nilai Total Sulfur


Iso quality total sulfur
Minetutor - Assalamualaikum w. w.  Apa kabar kawan dan bro sekalian, longtime no see, he2 kayak lirik lagu rege yang sering di putar di LV sarana ke tambang. Lama sudah tidak membuat tulisan di blog ini.   Pengunjung pastinya bertanya tanya kok tidak di update lagi postingan di blog minetutor, sudah 2 bulanan lebih tidak ada tutorial baru atau sekadar tulisan update, adminnya hilang ingatan atau hilang beneran,he2…I’m sorry my bro, karena lagi padat jadwal dan jaringan ikut sendat sehingga postingnya jadi ngadat. 




Membuat Kontur Iso Quality Total Sulfur

Baiklah, pada posting kali ini saya akan share cara yang pernah saya lakukan untuk membuat Iso Quality untuk sebaran nilai TS.  Tidak terbatas pada nilai sulfur saja, sebenarnya dapat menyesuaikan dengan yang diperlukan, kebetulan waktu itu nilai TS menjadi nilai quality yang di prioritaskan menurut schedule pengapalan. Dengan adanya peta sebaran nilai quality baik itu CV, TS dan yang lainnya akan memudahkan kita untuk mengontrol qualitas batubara dari pit yang dikirim ke CPP atau ke rom sebagai data awal bagi related parties. Data Sebaran iso ini berdasarkan data bor, banyak kondisi yang dapat mempengaruhi nilai data tersebut. Jadi memang fungsinya adalah sebagai gambaran awal nilai quality batubara yang nantinya harus di sampling lagi untuk koreksi terhadap nilai quality tersebut.

Membuat Kontur Iso Quality dengan expressi Total quality

Didalam minescape terdapat expressi yang dapat kita gunakan untuk membuat kontur iso quality baik untuk nilai cv, sulfur, hgi dan nilai lainnya. Pada lapisan batubara single seam dan tidak memiliki split kita dapat gunakan metode pembuatan kontur biasa, tinggal menambahkan nilai quality yang ingin dimunculkan. Berbeda halnya dengan lapisan batubara yang banyak split, dimana saat coal getting tidak terpisah maka sebaiknya kita gunakan expressi total quality. 

Spesifikasi Expressi
Totalquality(<qualdef>,<interval>,[,<x>,<y>]) dimana :
Qualdef = nilai quality yang ingin ditampilkan
Interval = seam batubara yang ingin ditampilkan nilai qualitynya
X, Y      = nilai koordinat lokasi (easting , northing) atau limit / polygon
Penulisan Expressi : Totalquality(‘TS’,’A’)  artinya kita akan munculkan nilai TS dari seam A dan splitnya (di composite).
Descripsi expressi : Calculates the quality parameter for an interval or any of its splits. The quality value is weighted by the thickness of the split. If the interval does not exist at the location, it returns
missing.b  

kontur iso quality
membuat kontur iso quality dengan expressi
Untuk memulai membuat kontur iso maka kita akan gunakan modul stratmodel karena memang toolsnya tersediat pada modul ini. Silahkan perhatikan gambar dibawah, untuk memulainya klik pada menubar graphics, kemudian klik lagi pada contour kemudian klik lagi pada expression maka akan muncul jendela baru expression contour. 

Perhatikan gambar berikutnya, silahkan isikan parameter  dan expressi total qualitynya mengacu pada gambar tersebut, jangan lupa output untuk menyimpan hasilnya harus di isi.  Jika sudah komplit tinggal di OK atau Apply dan tunggu proses selesai kemudian lihat hasilnya.

kontur expressi stratmodel
Demikianlah cara membuat kontur iso quality menggunakan expressi total quality, saya belum sempat buatkan video tutorialnya, mungkin nanti saya susulkan atau bagi yang berminat saja nanti silahkan di konfirmasi lagipula camtasa studionya lagi hang,he2… Oke bro sekalian demikian dulu, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments

  1. trims om, dah tak coba berhasil, mohon penjelasan klo parameter quality TS nya tidak dikomposite bisa gak ya di bikin countur strukturnya. misal yang dibikin kontor TS setengah body coal aja, misal klo tebal batubara 10 meter, kita ambil 5 meter aja contour TSnya,
    Trims atas sharenya

    ReplyDelete
  2. kembali ke modelnya, jika mau per lapisan seam batubaranya dimodelkan per lapisan juga, misal : lapisan atas/top 1 meter, midle 2 meter, bottom 2 meter. dimodelnya jadi 3 seam, walaupun aktualnya cuma satu seam, itu hanya untuk memisahkan nilai qualitynya. mungkin seperti itu yang saya tau di minescape karena pembacaan qualitynya composite 1 seam.

    ReplyDelete
  3. trims om ilmunya, kita coba dulu

    ReplyDelete
  4. bang bisa minta videonya ? sama mau sedikit sharing bisakah data hasil pit sampling yg lengkap dengan data xyz nya kita modelkan menjadi peta iso quality

    ReplyDelete

Post a Comment