Tutorial Minescape Setup Topo Model






Assalamualaikum w. w. Tidak lupa saya menyapa sahabat minetutor dengan bagaimana kabarnya, mudah mudahan sehat selalu ya, amien. Lebih kurang 4 bulanan sudah blog minetutor hadir di dunia maya dan alhamdulillah hingga saat ini menunjukan perkembangan yang positif. Terima kasih kepada sahabat semua yang telah menyempatkan waktunya meramaikan blog ini.

Oke, pada kesempatan kali ini saya akan coba memposting cara setup topo model untuk pembuatan schema/model. Modul software minescape yang akan kita gunakan untuk proses setup topo model adalah stratmodel. Udah pada familiar kan, bahkan ada yang expert malah,he2…izin nulis mbah master, anak murid mau belajar.

Penjelasan Topo Model

topo model dalam form grid
Sebelum memulai setup topo model akan lebih baik jika kita mengenal dulu apa yang dimaksud dengan topo model, mudah mudahan definisi berikut sedikit memberikan gambaran :
  1. Topo model adalah surface topo yang dijadikan atau digunakan sebagai batas / limit paling atas dalam pemodelan yang akan menjadi rujukan surface pada model tersebut. Apapun pembacaan ataupun penggunaan topo dalam schema/model ini maka minescape akan merujuk ke topo model yang telah di setup.
  2. Tidak akan ada surface atau interval yang akan dimodelkan di atas dari topo model.
  3. Surface topo yang digunakan dapat berupa grid, expression, triangle dan lain lain.

Data Yang Diperlukan

Karena yang akan kita buat adalah topo model maka kita membutuhkan data topo (koordinat x, y, z) dapat dalam format ascii ataupun dxf. Bagi sahabat yang tidak atau belum memiliki data topo, silahkan contact saya, untuk keperluan belajar maka saya akan share sampel data topo.

Tahapan Pembuatan Topo Model

Adapun tahapan pembuatan topo model antara lain sebagai berikut :
form setup topo model dengan minescape
form setup topo model
  • Memasukan data topo kedalam design. Pada posting terdahulu saya pernah posting import data survey titik bor kedalam minescape. Metode ini dapat kita gunakan untuk memasukan data topo kedalam design, prosesnya sama hanya datanya saja yang berbeda.
  • Membuat sheet specification. Dalam tahap ini kita akan membatasi area kerja / area model dengan menentukan limit atau boundary. Sebaiknya limit ini kita tentukan berdasarkan data topo yang kita miliki.
  • Membuat grid specification. Pada tahap ini kita akan menentukan cell dimention atau cell size. Kita hanya perlu memasukan nilai cell size dan data lain akan mengikuti.
  • Membuat grid file
Woke sahabat, jika step di atas telah komplit kita lakukan berarti kita sudah berhasil untuk setup sebuah topo model dan siap untuk melanjutkan pembuatan schema / model. Untuk panduan bagi sahabat proses setup topo model silahkan disimak video tutorial yang telah disiapkan pada link dibawah posting ini.

Demikian posting kali ini tentang setup topo model, semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

view video setup topo model

Comments

  1. ikutan belajar bang, ditunggu kelanjutan tutorialnya...terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dan dimonitor aja update update terbaru....terima kasih telah berkunjung.

      Delete
  2. numpang lapak pak bos :)
    http://wawansudiantoro.blogspot.com/2012/11/minescape-plus.html

    ReplyDelete
  3. Bisa minta data toponya pak, untuk belajar..
    Terimakasih..kirim ke muhd.fathir@gmail.com

    ReplyDelete
  4. mas, aku mau nanya, aku udah import data topografi, setalah aku import data topografi saya buat topo_tri, setlah topo tri saya buat batas daerah lokasi(sheet) dan Grit.
    lalu hasilya setalah saya sheet itu bentuknya seperti blok_blok dan adanya potongan-potongan dari topo_tri nya.
    saya lihat di tutorial vidio tidak sesuai mas hasil dari yang saya buat dengan hasil yang ada di vidio.
    mohon pencerahannya mas, kenapa hasil grid saya itu bentuknya kotak-kotak dan banyak yang hilang sumber dayanya.. makasi
    mohon dibantu mas supaya bisa dijelaskan

    ReplyDelete
  5. mas bisa di sharekan data toponya dengan data stratmodelnya di sabe.selo123@gmail.com mksih

    ReplyDelete

Post a Comment