Control rencana tambang dengan analisa resiko






Assalamualaikum w.w. Apa kabar sahabat minetutor, pertanyaan yang selalu muncul setiap saya mengawali posting, Kesehatan sangat berharga, sepakat ya, orang mau membayar jutaan bahkan ratusan juta untuk yang namanya kesehatan, jadi perlu bagi kita untuk menjaga kesehatan dan mensyukuri nikmat sehat yang diberikan Yang Maha ESA.

Pada kesempatan kali ini saya akan coba share pengalaman tentang menganalisa resiko yang berpotensi menghambat ataupun mengagalkan rencana penambangan yang telah kita buat. Kalau kita pelajari sebenarnya banyak metode yang telah digunakan dan yang akan saya coba share ini adalah salah satunya. Jika sahabat sudah terbiasa dengan system analisa resiko kemungkinan system ini juga sudahh pernah sahabat pelajari.

Control Rencana Tambang Dengan Analisa Resiko

Saya tidak punya nama khusus untuk metode ini atau mungkin sayanya yang tidak tau,he2…tidak jelas juga. Ada 2 unsur pokok yang menjadi perhatian bagi analis atau kita sebagai pelaku analisa resiko yaitu :
A.  Impact atau dampaknya. Hal ini dimaksudkan untuk mengcalculasi seberapa besar pengaruh resiko tersebut jika terjadi dan apa saja elemen yang dipengaruhinya. Untuk elemen yang dipengaruhi dapat kita kategorikan atas 3 item :
  • Financial (ebit loss)
  • Safety
  • Environtment
Kalkulasi dari ketiga elemen ini yang nantinya akan memberikan rating untuk potensi resiko yang akan muncul. Untuk lebih jelasnya kita perhatikan keterangan pada gambar dibawah.

risk impact category
risk impact category

B.  Likelihood atau potensi kemungkinan terjadi. Pada bagian ini kita mencoba mengestimasikan kemungkinan suatu resiko yang sudah kita tetapkan untuk terjadi. Jika kita menentukan bahwa kemungkinan terjadinya sering / tinggi maka suatu resiko akan mendapatkan rating likelihood yang tinggi dan berlaku juga sebaliknya. Tinggal nanti akurasi dari analis nya, karena menurut saya penilaian likelihood berdasarkan kepada pemahaman analis masing masing dan history dari pekerjaanya. Dengan semakin sering kita melakukan analisa resiko, diharapkan akurasi dalam menganalisa suatu resiko akan semakin baik.  

likelihood category
likelihood category

Fungsi Dari Analisa Resiko

Jika suatu resiko sudah kita identifikasi dan ketahui dari awal maka kita akan lebih siap untuk menhadapi resiko tersebut seandainya memang terjadi. Alternatif alternative solusi tentunya sudah kita persiapkan untuk menghadapi resiko tersebut namun apabila resiko tersebut dapat kita eliminasi dari awal setelah kita identifikasi artinya kita sudah mengamankan rencana yang kita buat. Dapat kita simpulkan fungsi dari analisa resiko tersebut :
  • Mengetahui resiko resiko apa saja yang akan menghambat ataupun menggagalkan suatu plan.
  • Mengeliminasi resiko resiko yang muncul
  • Mempersiapkan alternative solusi jika resiko terjadi.
Nah, Untuk pengerjaanya atau langkah langkah analisa yang dilakukan yaitu :
1. Dengan memberikan penilaian terhadap suatu resiko pada suatu chart impact vs likelihood dengan skala masing masing 1 - 5 sesuai dengan kategori impact dan likelihood yang kita tentukan diatas. Perhatikan gambar dibawah :

Kita tinggal menentukan dimana posisi suatu risk pada chart di atas, gradasi warna dari hijau ke merah menunjukan tingkat keseriusan dari risk yang ada. Jika sudah berada di posisi merah berarti sangat serius dan perlu penanganan segera.
2.  Menentukan langkah antisipasi ataupun perbaikan sesuai dengan risk rating yang telah kita tentukan dimulai dengan yang serius hingga yang biasa.
3. Menentukan penanggung jawab atau pihak yang terkait untuk langkah penanggulanganya serta estimasi waktu penyelesaiannya.
4.  Pemeriksaan berkelanjutan.
 
Demikian posting kali ini tentang control rencana tambang dengan analisa resiko. Mudah mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua dan selamat menganalisa. 
Share this article :

3 comments:

  1. saya jarang menggunakanya mas,orderan untuk itu juga jarang, malas mikir kali y,he2...btw, terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
  2. sama sama mas, kali aja ada yang mau analisa 2, he2...terima kasih telah berkunjung.

    ReplyDelete
  3. banyak cara dan metode serupa..tapi boleh juga dicoba..

    ReplyDelete

 
Copyright © 2011. MineTutor - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger