Menentukan Interburden Ratio Dengan Strip Ratio Expression







Assalmualaikum w.w. Apa kabar sahabat minetutor, kita selalu berharap fisik dan mental kita dalam keadaan yang sehat dan normal, amien. Sudah cukup lama juga tidak mengulas tentang tutorial minescape, malah kemaren ada request dari sahabat minetutor untuk mengulas tentang fault. Kalau nanti bisa insya alloh ya mas bro, kemaren lihat lihat lagi kitab sakti tidak ketemu, mungkin lupa naroknya,he2..


Baiklah dengan tidak memperpanjang mukodimah, kita akan mengulas bagaimana Menentukan Interburden Ratio suatu Seam batubara dengan memanfaatkan Expresi Strip Ratio yang dikenal dengan “IRATIO” ( <interval> [,<x>,<y>, <cutoff> ] ). Iratio (interburden ratio) berfungsi untuk menghitung incremental burden ratio dari suatu interval pada suatu lokasi. Incremental ratio adalah burden ratio sampai dengan bottom dari interval di atas interval tersebut sesuai urutan stratigrafi dalam schema. Jika tidak ada interval di atasnya maka akan menggunakan topografi. Untuk lebih jelasnya kita lihat pada ilustrasi gambar berikut, contoh expresi : iratio (‘B’) .

Kira kira gunanya mengetahui nilai ratio interburden apa dunk ??, ngapain repot repot jika useless, ya thoh. Menurut saya yang minim pengalaman dan banyak keterbatasan, fungsinya adalah antara lain  :
  • Jika bos nanya interburden ratio seam x berapa, bisa jawab,he2…
  • Dengan expresi ini kita bisa mengetahui sebaran nilai striping ratio karena hasilnya berupa contur SR dengan nilai SR tertentu atau bias juga disebut isoSR untuk single seam.
  • Dapat digunakan sebagai interpretasi awal (quick analysis) menentukan limit penambangan.
  • Pengaturan sequend penambangan. Jika kepepet butuh batubara, area yang kita ketahui memiliki SR rendah dapat menjadi alternatif coal getting.
  • Dan lain lain.
Kalau begitu sudah copy ya, sekarang cara membuatnya bagaimana ?. Tenang brother kita akan pelajari caranya, saya sudah coba buat tutorialnya pake video, sahabat tinggal pelajari dan silahkan dimodifikasi serta kreasikan masing masing. Berikut link ke video yang dimaksud, silahkan :  


Oke sahabat minetutor, demikian tutorial menentukan interburden ratio dengan expresi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments

  1. siippp.... matur nuwun kak erik...
    moga ilmunya bertambah dan berkah.. :D

    kak.. ajarin dong sekalian script mxl yg penting2 buat dipake..tQ

    ReplyDelete
  2. @mjcoolz21 Oke sama sama. Saya tidak mahir menggunakan expresi, cuma sedikit aja yang tau. Lebih lengkapnya coba lihat di help nya minescape bagian mxl expression.

    ReplyDelete
  3. Mas jocker tutor !!!.... ketebalan batubara yang pernah mas liat di Indonesia ini berapa meter yang paling tebalnya dan pengen tau minimal ketebalan berapa yang bisa menguntungkan untuk ditambang.... pertanyaan selanjutnya kalau SR-nya tinggi tapi kalau batubaranya banyak apakah tetap untung atau gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ketebalan saya pernah tau ada yang 100 meter, namun ketebalan ini relatif untuk penyebarannya, kadang menipis dll. Untuk hitung untung atau tidak di hitung lagi mas indra, ada dgn metode BESR (break even striping ratio). Dengan mengetahui BESR, kita dapat membatasi penambangan pada nilai SR tertentu. SR tingggi artinya Overburdenya/tanah penutupnya yang banyak. menurut saya konsepnya sama mas, SR nya dulu yang ditentukan sebagai cut off, mau besar atau kecil dari perhitungan BESR.

      Delete
    2. Harga batubara sangat menentukan batasan SR.

      Delete

Post a Comment