Import Data Survey Titik Bor Kedalam Minescape






Assalamualaikum w.w. Bagaimana kabarnya sahabat minetutor, semoga dalam kondisi yang baik ya. Pada posting kali ini kita akan belajar cara untuk import data survey kedalam program minescape yaitu koordinat lubang bor dan kedalaman pemboran ( x,y,z, dept).

Sekilas Tentang Pemboran

Sepeti kita ketahui untuk validasi adanya suatu lapisan batubara baik itu pada tahap explorasi maupun pengembangan (extend) dilakukan dengan pemboran. Pembacaan pada cutting bor yang nantinya menunjukan ada tidaknya lapisan batubara di area yang di bor. Pada pemboran ini dapat diidentifikasi estimasi nilai ketebalan batubara dan posisi / kedalaman lapisan batubara tersebut dari permukaan / surface.

Setiap titik yang selesai di bor akan disurvey dan nilai koordinat masing masing titik bor (x,y,z, dept) disimpan. Data ini nantinya akan digunakan pada saat kita melakukan pemodelan lapisan batubara. Data ini akan menunjukan kepada kita titik / area mana saja yang telah dilakukan pemboran, kerapatan lubang bor dan merepresentasikan aktifitas pemboran yang dilakukan apakah cukup, kurang atau malah over. Tidak jarang kita temui bahwa geologist “request” pemboran di area atau titik tertentu guna memastikan lagi keberadaan batubara, ketebalannya dan data kualitas batubaranya walaupun di area tersebut sudah pernah dilakukan pemboran namun mungkin data yang diperlukan kurang atau kedalaman bor yang diinginkan tidak terpenuhi.

contoh data survey titik bor
Adapun format data survey yang umum untuk keperluan import ke minescape antara lain terdapat 5 kolom :
1. Holename / Borehole. Berisikan nama dari lubang bor atau titik bor.
2. Easting. Nilai koordinat easting
3. Northing. Nilai koordinat northing
4. Elevasi. Nilai elevasi / surface titik bor (collar)
5. Total dept. Kedalaman lubang bor.

Setelah kita memiliki data survey diatas (excel format), agar dapat kita import, data akan dikonversi dulu kedalam format txt. Contoh :  survey.xls ke survey.txt. Caranya gampang, kita tinggal save as data survey yang kita buka di excel, kemudian dikolom save as type pilih .txt dan sekarang kita sudah memiliki data survey yang siap di import ke minescape. Apalagi ya yang kita butuhkan ??

Masih ada satu lagi yang perlu kita persiapkan sebelum dapat mengimport data survey. Kita harus membuat sebuah tabel di minesape dengan kolom yang sama dengan file txt yang akan di import. Adapun untuk cara import data surveynya dan pembuatan tabel di minescape sebagai wadah data tersebut, silahkan disimak video tutorialnya pada link button dibawah.

txt tab delimited file format

Nah sahabat minetutor, demikianlah posting kali ini tentang import data survey titik bor kedalam minescape. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments

  1. mohon ijin

    Minescape Tutorial videos Plus, silahkan kunjungi:

    wawansudiantoro.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. mau nanya mas, gimana rumus untuk menentukan northing dan easting

    ReplyDelete
    Replies
    1. dak pake rumus mas, langsung dari data tembakan survey.

      Delete
  3. bagaimana menyusun data log bor (data mentah) ke dalam bentuk excel....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam minescape (stratmodel) data untuk pemodelan (bor) secara umum terbagi 3, litologinya, koodinatnya, qualitynya. litologi menentukan lapisan batuan yang dilewati bor per kedalaman, koordinat adalah data x, y, z titik bor nya, dan quality untuk qualitas batubaranya. masing masing data biasanya disimpan sendiri sendiri di exel.

      Delete
  4. mau nanya mas, ada ngga video tutorial pembuatan block model di minescape ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk buat model belum bikin postingganya, kalau tutoriannya kayaknya sudah banyak. di youtube juga ada yang upload, coba di searching...ada rencana buat, tapi belum sempat,he2..

      Delete
  5. Sangat bermanfaat.
    Bisa gak mas minta kirimkan file-file yang digunakan dalam pengolahan minescape ini (Data survey, litologinya, koodinatnya, quality, dll). Thx

    ReplyDelete
  6. mas bisa di sharekan data toponya dengan data stratmodelnya di sabe.selo123@gmail.com mksih

    ReplyDelete
  7. Bang bisa share data titik bornya di trianggabayuputra@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment