Export file dgn & tabel dari minescape ke format dxf dan Excel






Assalamualaikum w.w, apa kabar sahabat minetutor, semoga harinya menyenangkan. Senang sekali minggu ini admin dapat melakukan update content web/posting  lagi, walaupun nyambi nyambi, musti meluangkan waktu untuk berbagi informasi ataupun sekadar  update coment dll.

Pada posting kali ini akan sedikit dijelaskan bagaimana cara meng Export file atau design dari minescape. Export file atau design bertujuan untuk mengkonversi design kedalam format lain yang akan digunakan untuk tujuan tertentu. Design monthly plan misalnya sebelum awal bulan biasanya kita akan memasang diging limit atau boundary plan. Survey yang bertugas untuk hal tersebut membutuhkan data data koordinat untuk pemasangan patok limit, nah disinilah export design berfungsi dimana design dari mineplan di export kedalam DXF file (autocad, yang biasa digunakan), dan setelahnya baru diserahkan ke team survey untuk kemudian dipasang dilapangan.

Dalam prakteknya export file lebih sering kita lakukan jika diperlukan pemasangan koordinat suatu limit, boundary dan design suatu rencana/plan tambang, parit, settling pond  dll, disamping untuk backup file. Yang terlibat intens disini adalah team engineer/mineplan dengan survey.

Adapun fungsi lain adalah untuk keperluan reporting biasanya dalam format excel. Misalnya perhitungan reserve kita export dalam format excel dengan tujuan mengupdate remaind reserve dan melaporkannya. Fungsi lain yang sering penulis gunakan adalah export reserve table ke excel format untuk keperluan scheduling. Misalnya kita menggunakan expac, nah data reserve sangat kita perlukan sebagai base data untuk kita gunakan di expac, kayaknya sih begitu,he2….

Oke sahabat minetutor, lebih kurang begitulah penjelasan terkait export file,design,table dll menurut pengetahuan dan pengalaman penulis.  Adapun untuk prakteknya silahkan disimak video tutorialnya. Orang bijak bilang “ Saya dengar saya lupa, saya lihat saya ingat, saya lakukan saya mengerti”, praktekan maka kita akan mengerti.



Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

Comments

  1. permisi kang.
    butuh tutorial minescape videos plus lengkap?
    silahkan kunjungi blog saya:

    http://wawansudiantoro.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment