Membuat ramp manual untuk sequend







Hallo MineTutor mania, bagaimana kabarnya hari ini...

Saatnya kita refresh/upgrade skill lagi dan kali ini kita akan coba membuat ramp/jalan secara manual dengan minescape. Kalau di design pit ramp jalan bisalangsung automatis hanya dengan menentukan parameter2 nya, nah bagaimana jika buat manual..?
Jalan merupakan faktor penting dalam menunjang produksi dan produktifitas unit sehingga achievmentnya baik. Diantara parameter jalan yang musti dipertimbangkan  :

- Grade jalan, biasanya digunakan 8% sesuai dengan spec unit hauling.
- Lebar jalan, 3x unit terbesar.
- Tanggul sebagai pengaman agar ketika terjadi slip pada unit tidak langsung jatuh/terguling/terbalik.
- Hauling distance, jarak darifront loading ke disposal untuk keperluan maching fleet.
- Radius tikungan, dibuat se smooth mungkin, menghindari blind spot dll.

Ah ini mah cetek udah di memory semua zaman kuliah juga udah ada,he2...langsung praktek aja om, teorinya kapan kapan aja,...okedeh kalau gitu kita coba aja bikinjalanya, biar pada puas. Anda puas kami bangga,he2...kayak jualan product.

Ok bray, penjelasan singkat dulu ya..Ramp/jalan manual biasanya kita buat untuk keperluan sort term - mid term kalau long termkayaknya kurang efektif. Misalnya buat monthly plan sequend tambang, ada jalanya donk, kalau dak unitnya lewat mana, buat disposal juga bikit jalan ke sana. Disanalah sang enginner berkreasi,yihaa,he2...

Jalan manual lebih fleksibel,prosesnya juga sederhana, dapat kita buat dimana saja dengan pertimbangan engineering dan mengikuti kondisi actual serta progress tambang jadi jalanya up to date.
Ok, berikut video bikin rampnya, Contoh ini dibuat pada yearly plan, silakan coba juga pada disposal. ini hanya contoh, silakan dikreasikan sendiri.



OK MineTutor mania,selamat mencoba & semoga bermanfaat, silakan di share bagi yang membutuhkan.

Comments

  1. salam kenal
    Thanks ilmunya mas bro, mau nanya mas bro,
    setelah badan jalannya terbentuk, polygonnya di draw project ke design pit nya ya,
    caranya gimana ya mas bro, supaya hasil dari draw projectnya di luar polygon supaya kelihatan mana yang Fill dan cut,

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas, pada tutorial ini saya coba pada saat buat design untuk yearly plan, dalam hal ini semuanya nge cut, tidak ada yang nge fill. cuma kalau kasusnya ada lembah ada bukit, dan ingin jalanya rata, linenya di project ke topo (fill), dan project lagi ke design pitnya (cut). jadi ada dua tipe proyeksi. semoga dapat membantu.

      Delete
  2. bro mau tanya caranya membuat schema geologi dengan metode bor miring apa saja yang perlu diisikan pada schema dan import drill holenya.trims

    ReplyDelete

Post a Comment