Membuat Basegrid sebagai atribut map






sample map, gridspace 300m


Assalamualaikum w.w apa kabar semua, sebelumnya minetutor mengucapkan minalaizin wal faizin mohon maaf lahir batin, semoga ibadan ramadhan kita diterima Allah SWT amien.



OK, di posting kali ini kita akan coba belajar membuat Basegrid. Sudah pada familiar kan dengan grid.?? Sedikit informasisingkat, Basegrid biasanya digunakan sebagai atribut map/peta, istilahnya pelengkap. Sebelum kita memplot peta/map baik itu design sequend atau yg lainnya biasanya akan dilengkapi dengan basegrid.


Basegrid akan membagi area/boundary limit yang kita tentukan melalui koordinat (x,y atau easting,northing) dengan spasi yang kita tentukan. Pengaturan spasi akan tergantung dari luas area yang akan kita buat basegrid nya. Selain atribut map, dari basegrid kita juga dapat mengetahui jarak pada map (actual distance) yaitu dengan menentukan spasi garis grid (spasi = actual distance). Terkadang scala balok mengambil acuan dari spasi basegrid contohnya spasi 500, dibagi lima balok artinya panjang 1 scala balok = 100 m.
Ok brow, langkah pembuatan basegridnya silakan ikuti tutorial yang telah disipkan minetutor.
yang harus diperhatikan :

Kita haru memiliki boundari limit untuk basegrid (polygon)
Menentukan nilai spasi, disesuaikan luas area
Output layer harus ditentukan

Saya rasa cukup untuk penjelasanya, waktunya untuk praktek dan praktek. orangg bijak bilang, Saya dengar saya lupa, saya lihat saya ingat, saya lakukan saya mengerti, that's it.


Selamat mencoba & semoga bermanfaat, jangan lupa like thisnya jika anda menyukai posting minetutor ok brow....

Comments

  1. makasih banyak kak erick ilmunya, sangat bermanfaat.. keep posting kak..

    ditunggu sharing ilmu laennya...

    MJ'05

    ReplyDelete
  2. terima kasih sudah mampir mjcoolz21, dimonitor aja update2 posting, soalnya nyambi2 nih belum bisa continue

    ReplyDelete

Post a Comment