Tutorial Minescape Membuat Strat Column



MineTutor – Assalamualaikum w.w. Bagaimana kabar kawan kawan sekalian, semoga masih dalam keadaan dan kondisi yang sehat baik jasmani maupun rohani. Merupakan kondisi yang kita perlukan untuk dapat beraktifitas dengan baik, bersemangat dan bergairah,he2..berita mengejutkan datang dari partner kerja bahwa dia mengajukan resign dan sekembali saya cuti, kawan ini sudah cabut, al hasil semua yang berkaitan dengan planning langsung di passing ke saya. Suatu situasi dan kondisi yang mau tidak mau, suka tidak suka harus di jalani, kok malah cerita riwayat hidup booss…he2...




Membuat strat Column

Pada suatu waktu saya melihat teman geologist membuat kolom kolom dari titik bor, dimana secara visual tampilan dari kolom kolom ini cukup menaarik dan saya rasa dengan menggunakan media tersebut cukup informative dan dapat dicerna related parties, dimana selain geologist, bagian yang lain juga dapat memahami informasinya (misal operation, planning, survey, dll).
Menurut pemahaman saya yang terbatas ini strat column dapat memberikan informasi kepada kita (civitas pertambangan) antara lain :

  • Menggambarkan lithology mulai dari posisi surface (permukaan) hingga ke dasar pemboran, sehingga menginformasikan material apasaja yang berada pada area penambangan tersebut.
  • Menginformasikan perlapisannya, mulai dari permukaan hingga ke dasar pemboran.
  • Menginformasikan ketebalan Overburden dan batubara disuatu area, jika kita ratio kan akan di dapat nilai SR (kasaran, karena slope 90 derajat)
Adapun untuk membuat strat column ini caranya tidak sulit dan dilakukan hanya dalam beberapa langkah namun start column baru dapat dibuat jika pemodelan batubaranya sudah dilakukan/ sudah ada, jika belum ada modelnya ya maaf, kayaknya ndak bisa…kasuuus..
Oke kita langsung ke langkah langkah kerjanya (syarat : sudah ada model) membuat strat column :

  1. Buka software minescapenya, klick pada minescape expoler (pojok kiri atas icon kaca pembesar).
  2. Rolling kebawah dari cari folder user commands, dimana pada jendela sebelah kananya akan muncul user command files, cari yang tulisannya strat_column kemudian klik 2 kali sehingga muncul kolom isian : enter column size.
  3. Isikkan lebar kolom yang diinginkan (default : 10 ), kemudian enter.
  4. Arahkan kursornya pada titik bor yang akan kita munculkan/buat strat column nya.
  5. Klik 2 x pada titik bor tersebut kemudian seret atau arahkan kursornya kesisi kiri/kanan/atas/bawah dimana strat column nya akan kita tempatkan.
  6. Strat column nya sudah jadi dan siap di seberkan,he2..


Saya rasa langkah langkah pembuatanya tergolong mudah, masih lebih ribet posting yang terdahulu tentang membuat solid ataupun membuat block strip. Nah sobat sekalian, demikianlah posting kali ini tentang bagaimana membuat strat column dan informasi seputar strat column, mudah mudah dapat menjadi referensi dan bermamfaat bagi kita semua. Untuk Video nya belum sempat saya buat, insya alloh nanti disusulkan.



Comments