Menggunakan Reformat Tabel Pada Minescape






Assalamualaikum w.w. Apa kabar sahabat minetutor. Tidak terasa sudah cukup lama saya tidak menulis di blog ini, kayaknya sudah 2 bulan ya..? Maklum sahabat yang budiman selama di site, saya jarang sekali mendapat koneksi online, palingan Cuma buat email. Jadi curhat ya bro semua,he2. Berhubung lagi ngerjain project di tempat yang ada koneksinya jadi sekalian ngapdate posting…

Sebelumnya saya ingin mengabarkan bahwa baru baru ini blog minetutor kebagian page rank dari mbah google, secara tidak sengaja saya lihat di seo quake yang terinstal di Mozilla. Saya senang sekali blog ini akhirnya dapat rank walaupun masih rank 1. Thanks ya mas bro dan mbak bro semua atas kunjunganya dan telah ikut meramaikan blog ini,he2….sesuatu sekali,he2..cuih cuih…

Menggunakan Reformat Tabel

form reformat tabel
form reformat tabel
Wokeh, back to topic memanfaatkan reformat tabel pada minescape. Untuk teman teman yang sudah familiar dengan software ini pasti sudah fasih dalam hal reformat, bagi yang belum, nyok kita belajar, .horee…Sesuai namanya reformat tabel akan memformat ulang tabel yang kita punya sesuai dengan keinginan dan parameter atau kolom kolom yang ingin di gunakan / di tampilkan. Di minescape yang saya gunakan terdapat tiga pilihan untuk reformat yaitu :
  • Reformat block.
  • Reformat interval.
  • Reformat minestar.
Di planning (pengalaman saya) kita sering menghitung nilai reserve. Baik saat monthly, weekly, quarter ataupun yearly dll, nilai dari reserve ini nantinya akan digunakan untuk pengusunan monthly plan dll. Setelah menghitung reverve kita telah memiliki tabel yang berisi nilai reserve, ob, coal dll (kolomnya rame tuh), nah kalau tabel ini (tabel accumulate) langsung kita export ke excel / yang lainya, nantinya akan perlu menyederhanakan lagi, tapi kalau mau sih monggo,he2…Nah fungsi reformat dapat menyederhanakan tabel reserve ini sebelum di export jadi data yang telah di export nantinya akan lebih sederhana sesuai keperluan kita dan tidak banyak perlu mengolah lagi,..kira kira gitu lah,he2..

toolbar reformat tabel
toolbar reformat tabel
Untuk lebih mempersingkat waktu dan lebih menjelaskan kegunaan reformat tabel ini saya coba buatkan tutorialnya pada link di bawah posting ini, silahkan disimak dan di coba sendiri sesuai keinginan dan bandingkan hasilnya.

Demikian dulu ya sahabat minetutor posting kali ini, lama nggak ngepost bingung juga mau nulis apa lagi, silahkan dicoba ya dan  semoga bermanfaat. Terus Belajar dan Berkarya. Cheers. !!


lihat video reformat tabel

Comments